Senin, 06 Januari 2014

[Preview: Sunderland vs Manchester United] Status Abu-abu



Jelang Semifinal Capital One Leg Pertama
8 Januari 2014, Stadium of Light, Sunderland vs Manchester United


Status Abu-abu
MU menjadi tim tersibuk di Inggris. Semejak 21 Desember hingga saat ini, MU dihadapkan pada jadwal yang mengharuskan mereka bermain di tengah pekan. Sebuah posisi dilematis bagi seorang David Moyes, sang manager untuk melakukan rotasi pemain. Setelah menghadapi Swansea di ajang Piala FA, kali ini MU akan bertandang ke Stadium of Light, kandang The Black Cats, Sunderland. Jadwal yang sibuk seharusnya bukan menjadi masalah besar bagi MU mengingat lawan yang dihadapi adalah tim juru kunci di Liga Inggris, dengan raihan hanya “dua” kali kemenangan di kandang, sebuah catatan yang buruk.

Namun, bahaya laten tersembunyi mengingat status “abu-abu” The Black Cats. Meski hanya mencatatkan dua di laga kandang Liga Inggris musim ini, namun  yang menjadi korban The Black Cats adalah Manchester City dan Everton, dua penghuni papan atas Liga Inggris musim ini, dimana laga berakhir dengan skor1-0. Belum lagi fakta memenangi Laga ini akan semakin mendekatkan mereka dengan gelar Piala Liga, yang akan menjamin mereka bermain di Liga Europa musim depan. Hal ini akan memberikan motivasi berlipat bagi Giancherrini cs untuk memaksimalkan status sebagai tuan rumah. Segala fakta ini bisa menjadi bumerang bagi MU bila meremehkan juru kunci Liga Inggris ini.

Bedah Strategi:
Kembali ke Pola Awal

Meski kehilangan Jones, Ferdinand, Rafael, dan Fabio, Moyes sedikit tenang dikarenakan cukup banyak pilihan yang ada di Lini tengah. Moyes bisa mengembalikan pakem 4-4-2 dengan Rooney bermain di posisi striker “nomor 8”, yang ada di belakang striker tunggal. Kagawa, Fletcher, Carrick, Valencia, Cleverley, Januzaj  memberikan opsi bagi Moyes untuk memainkan pola kesukaannya, satu striker di depan seperti biasa, atau mengandalkan pola 4-4-2 dengan pola klasik duet striker predator. Chicharito dan Welbeck menyediakan opsi bagus bagi Moyes mengingat keduanya bermain cukup apik dalam beberapa pertandingan terakhir, baik dari awal laga maupun ketika diturunkan dari bangku cadangan.

Menghadapi tim yang kerap memainan Ball Possesion seperti MU, Gustavo Poyet bisa kembali menggunakan cara klasik seperti kala menghadapi Everton. Pola serangan balik memanfaatkan dua pemain yang memiliki teknik dan kecepatan ditempatkan dalam posisi sayap, dan bermian dengan pola 4-3-3. Pilihan kepada Borini dan Larsson yang akan mengapit Steven Fletcher bisa dimanfaatkan kembali. Terlebih MU kemungkinan bermain tanpa Rafael yang cedera dan Evra yang kudu diistirahatkan mengingat usia yang tidak muda dan jadwal padat, Poyet bisa memanfaatkan celah ini untuk mengkonversi keuntungan laga kandang menjadi kemenangan.

Prakiraan Formasi:

Sunderland (4-3-3)
25-Mannone, 12-Celustka, 29-Roberge, 21-Diakite, 2-Bardsley,  33-Cattermole, 14-Colback, 4-Sung, 7-Larsson, 9-Fletcher, 31-Borini
Manager : Gustavo Poyet

Manchester United (4-4-2)
1-De Gea, 12-Smalling, 6-Evans, 15-Vidic, 3-Evra, 25-Valencia, 16-Carrick, 24-Fletcher, 26-Kagawa, 10-Rooney, 14-Welbeck
Manager : David Moyes




Dapatkan informasi Sepakbola lainnya dengan me-like FB Football Assist

Tidak ada komentar:

Posting Komentar