Selasa, 07 Januari 2014

[Kolom] Mengamankan Posisi Hingga Berburu Prestasi



Kolom Daniel Oslanto, 7 Januari 2014
Bursa Transfer Musim dingin : Dari Nainggolan hingga ke Honda

Mengamankan Posisi Hingga Berburu Prestasi

Bursa transfer musim dingin adalah sebuah kesempatan terakhir yang dimiliki oleh pemain yang berhasrat berlaga di Piala Dunia 2014 Brazil, Juni mendatang. Para pemain yang dimaksud adalah pemain-pemain yang mulai kehilangan tempat di tim utama klubnya. Adil Rami, bek Timnas Prancis, memilih hengkang dari Valencia untuk mengamankan satu tempat di timnas Prancis untuk Piala Dunia, menyusul pertengkarannya dengan Presiden Valencia. Sedikit berbeda dengan John Heitinga. Bek Timnas Belanda yang bisa juga berposisi sebagai gelandang bertahan ini murni dipinggirkan oleh Martinez, manager Everton dikarenakan kebutuhan taktik. Tanpa Heitinga, Everton bahkan bisa bersaing dengan tim elit Liga Inggris. Tak ayal bila pada akhirnya, Heitinga dikabarkan akan segera keluar dari Goodison Park, markas Everton, ke klub baru yang menjamin sebuah posisi utama baginya. Ya, untuk mengejar satu spot di Timnas Belanda.

  Adil Rami (Timnas Prancis)

Rami dan Heitinga jelas berbeda dengan Radja Nainggolan dan Keisuke Honda. Nainggolan, gelandang timnas Belgia ini menginginkan sebuah lompatan besar dalam karirnya. Ya, Cagliari sudah menyatakan siap melepas sang bintang ke klub yang lebih besar. Rumor menyatakan hari ini Nainggolan akan menjalani Tes medis di AS Roma, menyusul AS Roma yang membeli 50% kepemilikan Nainggolan. AS Roma, sebuah klub dengan nama besar di Italia, dan saat ini bertengger di posisi kedua klasemen, jelas menjadi sebuah prestasi tersendiri bagi Nainggolan. Sedikit berbeda dengan Keisuke Honda. Pemain yang sudah mencuri perhatian Eropa semejak menorehkan performa luar biasa bersama VVV Venlo, klub gurem yang bermain di Eredivisie saat itu. Hal ini membawanya setingkat ke klub yang bermain di kompetisi Eropa, CSKA Moskow. Untuk meningkatkan prestasinya, Honda menunggu hingga setahun untuk bisa bergabung dengan AC Milan, klub besar yang diidolakannya. Bagi Milan sendiri, kehadiran Honda bisa menambah daya dobrak Milan dan membantu mengangkat Milan yang terpuruk di papan tengah Serie-A hingga awal tahun ini.

 Keisuke Honda (Timnas Jepang)

Bursa transfer musim dingin kali ini sedikit berbeda. Jangan harapkan ada kejutan besar seperti ketika Fernando Torres menyeberang ke Chelsea dari Liverpool dengan nilai 50 juta pounds, atau Andy Caroll yang menyeberang ke Liverpool dari Newcastle dengan nilai 35 juta pounds. Atau seperti Balotelli yang menyeberang ke Milan dengan nilai 23 juta euro. Nyaris semua marquee player cenderung bertahan di klubnya, untuk mengamankan satu tempat di timnas negaranya yang akan berlaga di Brazil. Sebagai contoh, Pedro dan Alexis Sanchez, yang mendapat jatah minute play tidak sebanyak musim lalu di Barcelona, Iker Casillas yang sering dicadangkan di Real Madrid, Chicharito yang menjadi back-up Rooney dan RVP di MU. Meskipun tidak mendapat minute play yang optimal, kontribusi mereka bagi timnas negaranya akan menjadi satu spot bagi mereka untuk bermain di Piala Dunia.

Dapatkan informasi Sepakbola lainnya dengan me-like FB Football Assist

Tidak ada komentar:

Posting Komentar