Kamis, 02 Januari 2014

[Preview: MU vs Swansea] Swansea (Mencoba) Naik Kelas!


Jelang FA Cup, Manchester United vs Swansea
5 Januari 2014, Old Traffo


Swansea (Mencoba) Naik Kelas!

Swansea masih tertahan di peringkat ke-13 Liga Inggris musim ini. Tapi tim asuhan Michael Laundrup patut diacungi jempol. Swansea masih bermain di Liga Europa dan sekarang menapaki kesempatan untuk naik kelas. Ya, Swansea adalah pemenang Piala Capital One atau yang lebih akrab disebut Piala Liga Inggris musim lalu. Musim ini, tentunya Laundrup memasang target lebih baik kepada anak asuhnya. Menjadi kampium Piala FA di akhir musim adalah sesuatu yang menyenangkan. Swansea bisa melakoni “naik kelas” bilamana berhasil mewujudkannya di akhir musim. Kenyataan Liga Inggris musim ini begitu ketat, dan saat ini Swansea masih di peringkat-13, harapan meraih tiket ke Eropa yang paling realistis adalah memenangi ajang ini, Piala FA.

Namun lawan yang dihadapi Swansea di awal keikutsertaan mereka di ajang ini adalah tim terbaik di Liga Inggris sepanjang masa, Manchester United. Meskipun di laga teranyar MU kalah dari Tottenham di Theater of Dream, julukan Old Traffo, United tetap diunggulkan bisa memenangi laga ini. Ya, di atas kertas, pasukan David Moyes bisa meraih kemenangan. Namun, mengingat selang tiga hari kemudian MU akan menghadapi Sunderland di stadium of Light, bukan tidak mungkin Moyes melakukan beberapa rotasi untuk menjaga kebugaran pemain. Bila hal ini terjadi, Laundrup bisa memanfaatkannya untuk mengalahkan Rooney cs dan selangkah lebih dekat dengan naik kelas musim ini.

Bedah Stategi:
Tiru Saudara Tiri

Pada laga teranyar Swansea di Liberty Stadium, Bony cs ditekut oleh pasukan Pellegrini. Kemenangan yang diraih oleh saudara Manchester United ini dikarenakan ketangguhan lini tengah City untuk melakukan pentrasi melalui tembakan jarak jauh dan tusukan dari lini sayap langsung ke arah gawang. Mu memiliki semua itu di dalam diri Rooney dan Cleverley. Kedua nama ini cukup aktif memberikan shock teraphy bagi musuh MU melalui tembakan jarak jauh. Kecepatan yang dimiliki oleh Welbeck dan Valencia dipastikan menambah variasi serangan MU. Kemungkinan Moyes akan mengandalkan pakem 4-4-2 yang digunakan Manchester City menggebuk Swansea. Moyes sebelumnya sudah menggunakan skema ini ketika mengalahkan Norwich dengan skor 1-0 dua pekan lalu.

Laundrup sendiri tentu dipusingkan dengan cederanya Pablo Hernandez. Pemain kreatif Spanyol ini memang menjadi pengatur permainan Swansea bersama dengan Jonathan de Guzman. Absennya Pablo akan coba disiasati dengan menempatkan Shelvey ke belakang, dan posisi Shelvey akan ditempati Canas. Power yang dimiliki oleh Shelvey dan kreativitas Jonathan diharapkan bisa mengimbangi Carrick dan Fletcher, duo gelandang flamboyan yang kemungkinan besar diturunkan Moyes dalam pertandingan ini secara bersamaan. Laundrup sendiri berharap lini belakangnya bisa bersikap disiplin karena duet Welbeck dan Rooney sangat ahli dalam memanfaatkan kesalahan sekecil apapun untuk memeteraikan kemenangan.

Prakiraan Formasi:

Manchester United (4-4-2)
13-Lindegaard, 12-Smalling, 5-Ferdinand, 15-Vidic, 28-Buttner, 25-Valencia, 24-Fletcher, 16-Carrick, 26-Kagawa, 10-Rooney, 19-Welbeck
Pelatih : David Moyes

Swansea (4-2-3-1)
25-Tremmel, 22-Rangel, 4-Chico, 6-Williams, 33-Davies, 20-De Guzman, 8-Shelvey, 26-Vazquez, 21-Canas, 15-Routledge, 10-Bony
Pelatih : Michael Laundrup



Dapatkan informasi Sepakbola lainnya dengan me-like FB Football Assist


Tidak ada komentar:

Posting Komentar