Senin, 06 Januari 2014

[Preview: Barcelona vs Elche] Memperkokoh Klasemen!



Jelang Barcelona vs Elche
4 Januari 2014, Camp Nou

Memperkokoh Klasemen!

Lupakan sejenak pemulihan Messi, lupakan sejenak persaingan meraih Ballon d’Or. Lupakan pandangan skeptis bisa apa Barcelona tanpa Messi. Terbukti, tanpa Messi, Barcelona masih bisa meraih hasil yang diharapkan walau saat ini ditempel ketat oleh para pesaingnya di Liga seperti Atletico Madrid. Memiliki poin yang sama, keduanya dibedakan oleh margin dua gol. Barcelona yang akan bermain di kandang sendiri minggu ini, akan menjamu salah satu tim lemah yang sedang terluka para bernama Elche.

Elche saat ini tertahan di posisi ke-14, mengharapkan bisa mencuri poin dari Camp Nou untuk memperbaiki posisinya di tabel klasemen. Sayangnya, Elche sendiri tidak dalam performa prima. Dalam lima pekan teranyar, Elche meraih satu hasil imbang dan empat partai kekalahan. Melihat catatan tersebut, sangat sulit menerima Elche menahan Barcelona yang sedang bernafsu lepas dari kejaran Atletico Madrid. Memperbesar margin goal aggragate dengan Atletico akan tetap mempertahankan Neymar cs di singgasana Liga Spanyol. Bukan sebuah kejutan bila pada akhirnya Barcelona bisa berpesta gol tanpa kehadiran Messi di minggu ini.

Bedah Strategi:
Tata Mencoba False Nine

Semejak mengalami masa-masa indah bersama dengan Pep hingga sekarang Tata Martino, tidak sedikit yang menyebut Tata sebagai pelatih yang jenius. Tak mengherankan, formasi dan gaya main Barcelona musim ini kontras berubah. Formasi beragam disesuaikan dengan materi pemain dan juga gaya bermain lawan. Pada kesempatan kali ini, menghadapi Elche yang seringkali menggunakan pake 4-2-3-1, tentunya akan menjadi tantangan tersendiri bagi Tata. Tanpa servis Messi, Tata bisa memanfaatkan Fabregas sebagai false nine atau mencoba Sanchez menjadi Targetman dalam skema 4-5-1. Memanfaatkan Sanchez, berarti Tata akan mempercayakan tusukan sayap dari kemampuan Neymar dan Pedro.

Tata perlu mewaspadai Striker Elche, Richmond Boakye. Striker asal Ghana ini menjadi salah satu juru gedor andalan Fran Escriba, pelatih Elche. Kecepatan dan teknik mumpuni yang dimiliki oleh Boakye dipercaya bisa merepotkan lini belakang Barcelona, terlebih bila kiper utama Valdes belum bisa diturunkan. Sejauh ini, Escriba masih percaya dengan striker yang telah mengemas lima gol di Liga Spanyol musim ini. 

Prakiraan Formasi:

Barcelona (4-5-1)
13-Pinto, 2-Alves, 3-Pique, 5-Puyol, 18-Alba, 16-Busquet, 6-Xavi, 8-Iniesta, 7-Pedro, 11-Neymar, 9-Sanchez
Pelatih: Tata Martini

Elche (4-2-3-1)
13-Tono, 2-Suarez, 3-Botia, 18-Sergio, 21-Albacar, 24-Sanchez, 6-Ruben, 15-Carles, 16-Fidel, 11-Coro, 9-Boakye
Pelatih: Fran Escriba


 Dapatkan informasi Sepakbola lainnya dengan me-like FB Football Assist

Tidak ada komentar:

Posting Komentar