Selasa, 31 Desember 2013

[Preview : MU vs Tottenham] Pembabtisan Moyes



Jelang Manchester United vs Tottenham
1 Januari 2014, Old Trafford

Pembabtisan Moyes

Perlahan tapi pasti, MU kembali mendekati papan atas Liga Inggris. MU saat ini hanya dipisahkan tiga angka dari Everton, yang menempati posisi keempat Liga Inggris. Hal yang cukup beralasan mengingat MU “perkasa” dalam menjalani tur maut 3 partai dalam 10 hari terakhir dengan memeteraikan kemenangan. Pekan ke-20, partai keempat yang dijalani dalam dua minggu terakhir bisa mendekatkan MU dengan para contenders Liga Inggris, bila Rooney cs berhasil mengalahkan Tottenham.

Partai melawan Tottenham bukanlah partai yang sulit bagi MU bila dimainkan di Old Trafford. MU punya sejarah manis kala berhadapan dengan Tottenham di depan publik sendiri. Namun, musim ini sedikit berbeda. Tottenham adalah salah tim dengan rasio poin tertinggi saat bermain tandang. Total, Tottenham berhasil mengumpulkan enam kemenangan dan satu hasil imbang dari sembilan partai tandang musim ini. Mengesankan. Partai melawan Tottenham menjadi pembabtisan Moyes, menjadi pembuktian Moyes bahwa MU yang dipimpinnya layak untuk diperhitungkan di Liga Inggris musim ini.

Bedah Strategi:
Adu Cerdik Rooney dan Adebayor

Dalam tiga pertandingan terakhir, MU memainkan dua strategi berbeda. Pada pertandingan kontra Hull City, MU menggunakan skema 4-2-3-1, Pada konta Norwich City, MU menggunakan 4-4-1-1, dan pada laga teranyar, MU kembali dengan pakem 4-2-3-1. Pada pekan ini, Moyes berpeluang untuk kembali menggunakan pakem 4-2-3-1, dengan Rooney bermain agak ke dalam di belakang Welbeck. Pulihnya Carrick dan Fletcher memberikan banyak pilihan di lini tengah bagi Moyes. Keduanya adalah jaminan kestabilan rantai pola menyerang dan bertahan MU.

Di sisi tottenham, tidak banyak perubahan yang terjadi. Tim Sherwood, suksesor AVB adalah seorang fanatik pola 4-4-2. Dalam tiga laga kepelatihannya di Tottenham, Sherwood menggunakan pola tersebut. Yang dilakukan Sherwood adalah bongkar pasang pemain di lini tengah. Untuk mengisi posisi gelandang tengah, Sherwood akan menduetkan kembali Dembele dan Paulinho yang terbukti sangat stabil menjaga pola permainan ketika menyerang dan diserang. Eriksen akan kembali ke sektor kiri, mengimbangi Lennon yang menyisir sisi kanan.

Pertarungan kali ini akan menyisipkan duel adu cerdik Adebayor dan Rooney. Adebayor yang selama ini dipinggirkan oleh AVB, mencetak dua gol dan tiga assist dalam tiga pertandingan terakhir. Adebayor bukan sekedar mencetak gol, tapi dia menjadi pengalih bagi rekannya yang lain untuk membuka keran gol. Pola ini juga dijalani oleh Rooney yang bermain lebih ke dalam, mendukung Welbeck yang bermain di posisi depan. Kehadiran Rooney di menjadi penyerang lubang mampu mengkreasikan peluang bagi rekannya yang lain saat dirinya mendapatkan pengawalan intensif dari bek lawan. So, siapa yang menang yang akan membuktikan diri menjadi yang terbaik? Pertandingan di Old Trafford lusa akan menjadi jawabannya.  

Prakiraan Formasi:

MU (4-2-3-1)
1-De Gea, 2-Rafael, 6-Evans, 15-Vidic, 3-Evra, 16-Carrick, 23-Cleverley, 25-Valencia, 44-januzaj, 10-Rooney, 19-Welbeck
Manager : David Moyes

Tottenham Hotspurs (4-4-2)
25-Lloris, 2-Walker, 20-Dawson, 6-Chiriches, 3-Rose, 7-Lennon, 8-Paulinho, 19-Dembele, 23-Eriksen, 9-Soldado, 10-Adebayor
Manager: Tim Sherwood



Dapatkan Informasi dan analisa sepakbola dengan me-like Facebook Fan Page Football Assist

Tidak ada komentar:

Posting Komentar